Corel Draw untuk Ilustrasi Objek

Sebelumnya, saya tidak tahu apa – apa tentang Corel Draw X3. Akan tetapi, saya merasa tertarik untuk mempelajari Corel Draw yang katanya bisa segalanya, mulai mendesain kartu nama, kalender, poster, majalah, sampai membuat ilustrasi objek. Wow… Karena itu, saya mulai belajar dengan membeli beberapa buku yang mengulas tentang Corel Draw, mulai tingkat pemula sampai menengah. Akan tetapi, tampaknya buku – buku tsb tidak banyak membantu saya. Apa sebabnya ? Karena saya tidak terlalu suka belajar melalui buku. Karena itu, saya belajar sendiri. Bagaimana caranya ? Ya, saya mencoba – coba sendiri. Saya klik setiap tool yang ada, jadi saya bisa tahu apa kegunaannya. Kalau masih tidak mengerti, saya baru sesekali membuka buku. Sekarang ini, saya sudah lumayan bisa memakai Corel Draw. Meskipun mungkin apa yang saya pelajari paling baru 10 % dari apa yang ada di Corel Draw. Tapi, setidaknya saya sudah bisa membuat ilustrasi objek. Meskipun caranya agak curang. He—he—he…..

Bagaimana cara membuat ilustrasi objek ?

Setelah sharing yang cukup panjang tapi tidak lebar, saya akan memberikan cara- cara saya sendiri untuk membuat ilustrasi objek. Dalam hal ini saya akan membuat ilustrasi objek gitar akustik. Mengapa gitar ? karena menurut saya bentuknya yang mengagumkan dan indah jika digambarkan sebagai ilustrasi objek.

Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Sediakan dulu gambar gitar. Caranya bisa dengan memotret gitar lalu ditransfer ke komputer. Atau bisa juga dengan browsing di internet untuk cari gambar gitar.

2. Buka Corel Draw, pilih File >> new.

3. Pilih File >> Import >> pilih file yang berisi foto gitar tsb >> IMPORT.

3. Telusuri foto gitar tsb dengan Freehand Tool (F5) secara pelan – pelan.

4. Jika sudah jadi sketsanya, hapus lah gambar gitar tsb sehingga akan tampak garis- garis Freehand tool yang telah Anda buat.

5. Haluskan gambar dengan Shape Tool (F10), klik garis yang akan dihaluskan, geser ke kanan – kiri – atas – bawah sesuai keinginan. Jika ingin membuat lekukan baru pada garis tsb,klik 2 kali pada garis tsb.

6. Berilah warna pada gambar Anda. Caranya klik /aktifkan bangun yang akan anda beri warna, lalu pilih warna yang diinginkan yang adadi sebelah kanan. Jika ingin warna gradasi, bisa dengan Interactive fill tool (G). Dalam hal ini, tampilan gambar mungkin belum sesuai posisinya. Karena itu jika ingin memindah posisi klik kanan pada bangun, lalu ORDER >> To back of Page / pilihan lainnya.

7. Jadilah ilustrasi gitar Anda. Pilih file >> export >> simpan pekerjaan anda dengan file type JPG.



Gambar.jpg

Comments :

0 komentar to “Corel Draw untuk Ilustrasi Objek”